SMKN 1 Garut Gelar Upacara Peringati Hardiknas dengan Memakai Pakaian Adat

research

SMKN 1 Garut Gelar Upacara Peringati Hardiknas dengan Memakai Pakaian Adat

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) seluruh guru dan siswa SMKN 1 Garut menggelar upacara dengan memakai pakaian adat di lapangan Garuda Hitam, Jalan Cimanuk 309A, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (13/5/2022). 

Berbagai jenis pakaian adat dari sejumlah daerah di Tanah Air menghiasi lapangan Garuda Hitam SMKN 1 Garut termasuk dengan seluruh petugas upacara dari mulai pengibar bendera sampai pemimpin upacara yang dilakukan oleh para guru SMKN 1 Garut. 

Hardiknas tahun ini mengusung tema “Mari Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar"
diharapkan mendobrak kebekuan pandemi dan memiliki strata sama dengan pendidikan di negara lain.

Seperti diketahui peringatan Hardiknas setiap tahun jatuh pada 2 Mei. Namun, tahun ini Hardiknas diperingati pada 13 Mei 2022 disebabkan pada tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Dalam sambutannya sebagai pembina upacara sekaligus Kepala SMKN 1 Garut H. Bejo Siswoyo, S.TP. M.Pd membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa Hari Pendidikan Nasional merupakan hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai juang perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakan pondasi pendidikan di Indonesia. 

"Selama dua tahun terakhir banyak sekali tantangan, hari ini adalah bukti bahwa kita lebih tangguh, lebih berani dari semua tantangan, mampu melewati dan berani berdiri di depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan untuk kurikulum merdeka," katanya.  

Di akhir sambutannya, orang nomor satu di SMKN 1 Garut itu mengapresiasi seluruh gurru, karyawan dan siswa dalam partisipasi aktif pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional yang berjalan dengan hikmat.

“Terima kasih atas partisipasi aktif dalam pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional yang berjalan dengan hikmat dan luar biasa, semoga niat dan amal kita menjadi amal shaleh bagi kita semua,” tambahnya. ***Ningrum/Broadcast