SMKN 1 Garut Gelar MARCHFEST SAGAR 2022

research

SMKN 1 Garut Gelar MARCHFEST SAGAR 2022

SMKN 1 Garut Menggelar MARCHFEST Sagar, Ajang Perlombaan Tingkat SMP/SMP-IT tahun 2022 yang ke-2 digelar secara online dan offline dari tanggal 25 - 31 Maret 2022 di Aula Motekar SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk Kabupaten Garut, Jumat (31/03/2022).

Ini merupakan Progam kerja OSIS SMKN 1 Garut yang Pelaksanaan lombanya dilakukan dengan 2 tahap, yaitu online dan offline, dimana jumlah peserta yang ikut berpartisipasi 236 siswa dari berbagai sekolah yang mengirimkan karya mereka melalu video untuk di seleksi ke tahap final selanjutnya, kemudian untuk babak final, acara ini dilakukan secara offline dengan tujuan untuk mengenalkan lingkungan SMKN 1 Garut yang positif. 

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Nurdin Ruslih, S.T, M.Pd,. dalam sambutannya mengatakan, Marchfest Sagar sejatinya di gelar untuk menjadi wadah bagi para siswa/siswa tingkat SMP/MTs di wilayah Garut untuk mengembangkan serta meningkatkan prestasinya. 

“Ini salah satu ajang untuk membuat generasi muda semakin cinta akan berkarya dan mampu membawa nama harum bangsa lebih baik untuk kedepannya,” katanya.

Ia menambahkan, siswa yang berprestasi nantinya akan diberi beasiswa untuk masuk ke SMKN 1 Garut tanpa testing terlebih dahulu. 

“Terlihat antusias dan semangat para peserta yang hadir dalam memeriahkan acara ini, penampilan mereka juga memuaskan dan kreatif,” tambah Nurdin.

Sedangkan Ketua Osis SMKN 1 Garut, Yesa Novita mengatakan, kegiatan Ini bermaksud untuk menumbuhkan semangat siswa/siswi agar lebih semangat setelah 2 tahun mereka melakukan belajar secara daring. 

"Memang untuk acara MarchFest 2022 ini sedikit berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini acara March Festival digelar secara online dan offline, untuk babak penyisihan dilakukan secara online dengan penilaian dari peserta yang mengirimkan karyanya melalui video, dan untuk babak final dilaksanakan secara offline dengan menyaring 12 peserta untuk vokal solo, 10 peserta untuk tari tradisional, 8 peserta untuk instrumen gitar, 10 peserta untuk story telling, 10 peserta untuk pidato, dan 10 tim untuk debat,” katanya. 

Selain itu Yesa menambahkan, tujuan lain dari digelarnya program osis ini adalah mengenalkan lingkungan SMK Negeri 1 Garut yang sangat positif baik di bidang akademik dan non-akademik.

“Pelaksanaan final MarchFest 2022 memang sengaja dibuat secara offline, agar peserta mengenal lingkungan sekolah SMKN 1 Garut, serta mampu memotivasi para peserta dengan segudang prestasi yang mampu ditorehkan oleh SMK Negeri 1 Garut hingga kancah nasional," Tambah yesa.

Kegiatan MarchFest 2022 ini dimotori oleh OSIS SMKN 1 Garut dengan dibantu oleh susunan dari organisasi maupun ekstrakurikuler terkait yang ada serta seluruh civitas akademika SMKN 1 Garut dengan tujuan mengasah kemampuan serta memberi pengalaman baru untuk menghadapi suatu kegiatan yang cukup besar. 

Untuk partisipasi kegiatan kali ini mendapat impresi yang sangat luar biasa dan hangat dari peserta dan SMP maupun MTs sederajat yang ada di Kabupaten Garut, dimulai dari SMP Negeri 1 Garut, SMP Negeri 3 Garut, SMP Negeri 4 Garut, SMP Yos Sudarso, SMP Negeri 1 Karangpawitan, SMP Negeri 4 Karangpawitan, SMP IT Al Khoiriyah, SMP Negeri 1 Sukawening, 2 Tarogong Kidul, SMP Negeri 4 Tarogong Kidul, SMP Negeri 1 Tarogong Kaler, SMP Negeri 1 Pasirwangi, SMP Negeri 1 Cisurupan, SMP Negeri 1 Leles, dan masih banyak SMP, MTs, maupun Pesantren yang turut berpartisipasi menyukseskan acara ini.

Marchfest kali ini mengambil tema "Berani berkarya, ciptakan prestasi dengan rasa" Tema ini bermaksud untuk menumbuhkan kreativitas dan jiwa berani berkarya untuk para generasi muda agar bisa menciptakan prestasi yang luar biasa, Selain itu, acara ini dapat senantiasa menumbuhkan karakter peserta didik menjadi lebih meningkatkan. Baik dalam bidang kompetitif, kreativitas, semangat, sportifitas dan lain lain.

Walaupun acara ini digelar  secara offline, protokol kesehatan juga dilakukan secara ketat, ini juga menambah kelancaran acara yang dilaksanakan, kesuksesan acara ini juga tidak luput dari besarnya partisipasi kepanitiaan yang ikut serta membantu dan merangkai acara ini.

"Tentunya, saya selaku ketua pelaksana sangat amat bersyukur dan senang karena program unggulan terutama bagi OSIS SMK Negeri 1 Garut dapat berjalan dengan lancar, tak lupa juga hal ini karena dukungan dari semua pihak yang terlibat dimulai dari dukungan dari Bank BJB, Gramedia, El Birru Catering, Minuta Caffe, dan Elzatta Hijab, pastinya berkat kerja sama luar biasa dari segenap barisan panitia yang bekerja luar biasa untuk berusaha menyukseskan acara ini hingga selesai, tak lupa pula bagi SMK Negeri 1 Garut yang senantiasa mendukung berjalannya kegiatan positif untuk melahirkan hasil yang positif pula, lalu untuk harapan bagi seluruh peserta yang turut berpartisipasi dan berdedikasi dalam kegiatan ini saya ucapkan terima kasih sudah berani melawan segala rasa takut, cemas, dan malu untuk berkarya, kalian hebat sudah mampu berani menunjukan potensi serta kompetensi di hadapan khalayak banyak. Tetap semangat berkarya, semoga hasil yang sudah didapat tidak membuat adik-adik lekas puas, terus semangat berkarya, sesuai dengan tema MarchFest 2022, Berani Berkarya, Ciptakan Prestasi dengan Rasa. Terus berkarya, torehkan prestasi dengan segenap rasa, dan sikap positif, kompetitif, kreatif, dan sportif. Semangat, sehat, serta sukses selalu." Ucap Yesa. ***Ngrum/AnmaBrodcast*