SMKN 1 Garut Gelar Kembali Kegiatan Donor Darah

research

SMKN 1 Garut Gelar Kembali Kegiatan Donor Darah

Setelah terhalang pandemi yang cukup lama, agenda rutin donor darah yang diadakan setiap 3 bulan sekali kembali di gelar, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sasana Wibawa Mukti SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk. Kabupaten Garut, Senin (28/03/2022).

Terdapat kurang lebih 100 peserta berusia 17 tahun keatas ikut serta bersama menjadi relawan untuk donor darah kali ini, baik itu dari siswa maupun warga sekolah lainnya. Pemahaman dari pihak sekolah dan pihak kesehatan yang diberikan sebelumnya membuat peserta menjadi termotivasi untuk mendonorkan darah mereka.

"Sebelumnya, Karena kita memberikan pemahaman dulu terhadap siswa/siswi yang berusia 17+ terkait dengan pentingnya dan manfaatnya donor darah dimana sirkulasi darah menjadi bagus, kemudian peningkatan imun juga. Kemudian yang paling penting adalah peningkatan jiwa sosial peserta didik supaya peduli terhadap sesama. Maka mereka termotivasi dengan pemahaman pemahaman yang diberikan oleh kami tentang manfaat mengenai donor darah," Ujar Nurdin Ruslih Selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan

Kegiatan dengan kepanitiaan PMR dan OSIS ini dimulai pada pukul 07.00 pagi sampai dengan selesai. Hasil dari pasokan darah yang dikumpulkan akan diberikan kepada PMI untuk kemudian disubangkan pada masyarakat masyarakat yang sedang membutuhkan darah.

Nurdin menambahkan hal ini menjadi sangat bermanfaat karena siswa/siswi secara tidak langsung melatih kepedulian terhadap sesama yang kemudian dapat mengembangkan jiwa sosial satu sama lain. 

"Ini adalah sebagai bentuk kegiatan sosial, kalau mereka sudah terlatih terbina setiap 3 bulannya mereka rutin melakukan donor darah maka jiwa sosial mereka akan terus terbuntuk. Kemudian mereka akan terbiasa dengan kebutuhan donor karena donor itu sekali lagi adalah membantu masyarakat yang memang betul betul membutuhkan," Tambahnya

Selain itu, perwakilan guru yang ikut mendonorkan darahnya, Agustian menambahkan, Acara donor darah ini memberikan manfaat bagi yang mendonorkan darahnya bagi kesehatan pendonor. 

"Ada 3 manfaat kalau dilihat dari sisi kepentingan dalam acara ini, yang pertama itu sosial, dengan mendonorkan darah berarti bapak menyumbang orang lain yang membutuh darah seperti yang kita ketahui PMI selalu melaporkan ada yang kekurangan darah, padahal kecelakaan kan tidak bisa dinantikan, yang keduanya untuk kesehatan, untuk sirkulasi darah yang dapat dibayangkan kalau darah kita diganti, katakan kita mengeluarkan setengah liter makan akan dapat yang baru seliter juga dan itu sangat menyegarkan, dan yang ketiga adalah check in kesehatan, secara tidak langsung check in kesehatan sehingga terlihat kondisi kesehatan tubuh kita,” tambah Agus

Sebagai pendonor tentunya merasakan manfaat dari mendonorkan darahnya. Yofi Ilhami selaku relawan serta Wakil Ketua OSIS mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan mulia yang mampu membantu sesama manusia lainnya.

"Ini sangat mulia karena kita membantu kehidupan seseorang yang sangat krisis untuk membutuhkan darah, yang saya rasakan ketika telah mendonorkan darah saya merasa senang dan juga besyukur karena dapat berguna sebagai manusia kepadaa manusia lainnya," Ujannya.

Bisa dirasakan bahwa kegiatan donor darah sangat berpengaruh untuk kehidupan, baik itu untuk personal maupun melibatkan banyak orang. ***AnmaBroadcast