SMKN 1 Garut Bagikan Ratusan Ganting Daging Sapi Kepada Masyarakat Sekitar Sekolah

research

SMKN 1 Garut kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan penyembelihan hewan kurban tiga ekor sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 H di Lapangan Garuda Hitam SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Jum’at (30/07/2023).

Kurban tiga sapi itu untuk 21 shohibul kurban yang terdiri dari 14 orang Pendidik, 4 orang Tenaga Kependidikan, 1 orang Pengurus Komite Sekolah, 1 orang OB, dan 1 orang Security Sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berkurban bagi guru dan peserta didik dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, dengan Tema "Indahnya Berbagi di Moment Dzulhijah yang penuh Arti (Bersyukur, Merangkul, Berbaur)".

Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan, ibadah kurban tahun ini seperti tahun lalu dengan prioritas pembagian kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Kita bisa berbagi melalui ibadah kurban, ini suatu yang Allah sangat sukai, berkurban merupakan ungkapan rasa syukur atas rizki yang diberikan Allah SWT, yang di dalamnya ada hak orang lain,” katanya.

Orang nomor satu di SMKN 1 Garut itu menambahkan bahwa Idul Adha 1444H merupakan momen yang spesial dalam menyatukan hati dan pikiran umat Muslim. Dalam suasana kebersamaan dan keakraban yang dapat merasakan kehangatan ikatan iman yang menghubungkan semua umat. Kemudian munculnya sikap bersyukur, merangkul, dan berbaur yang menjadi bagian penting dalam menciptakan kedamaian, kebahagiaan, dan kerukunan dalam masyarakat.

“Dengan menyembelih hewan kurban, kita telah melaksanakan perintah-Nya sebagai tanda ketakwaan, semoga menjadi motivasi buat para guru, karyawan khususnya para peserta didik, kita melihat betapa pentingnya sikap bersyukur, merangkul, dan berbaur dalam menciptakan kedamaian, kebahagiaan, dan kerukunan dalam masyarakat,” katanya.

Salah satu siswa, Muhammad Daffa, yang merupakan anggota panitia kurban mengaku sangat bersyukur karena dilibatkan dalam kegiatan kurban. Ia menyampaikan bahwa terlibat dalam panitia penyembelihan hewan kurban tahun ini telah menambah wawasan dan pengalaman. Pengalaman ini juga menjadi motivasi baginya untuk berkurban di masa mendatang.

“Kegiatan ini menambah pengalaman saya, bagaimana kita menanamkan sifat bersyukur, bahwa berkurban itu harus semangat berbagi dan peduli terhadap sesama, di mana daging kurban dibagikan kepada yang membutuhkan, dan itu sebagai bentuk kepedulian sosial,” kata Daffa.

Adanya penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh SMKN 1 Garut diharapkan semakin banyak individu yang memperoleh manfaat dan pemahaman mengenai nilai-nilai berbagi, kebersamaan, serta pentingnya ketakwaan dalam menjalankan ibadah. Semoga semangat kebaikan ini terus terjaga dan dapat menginspirasi masyarakat untuk berbuat baik pada kesempatan-kesempatan berikutnya.***Ningrum/Broadcast.