SMK Negeri 1 Garut Peringati Hari Santri Melalui Video Conference

research

SMK Negeri 1 Garut mengikuti peringati Hari Santri Nasional secara serempak tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui video conference yang digelar di Sasana Wibawa Mukti, Garut, Kamis (22/10/2020). 

Dalam video conference tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusung tema "Jabar Tanggap Covid-19 Jabar Sehat Lahir Batin", seperti yang sudah ditetapkan juga oleh Presiden Jokowi baru-baru ini, "Santri Sehat Indonesia Kuat".

Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun untuk mengenang peran besar para kiyai dan santri dalam berjuang melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. 

Kepala SMK Negeri 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP,. M.Pd. mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional menjadi penyemangat, khususnya bagi peserta didik dalam menjemput masa depan yang penuh dengan tantangan. 

"Bagi kita keluarga besar SMK Negeri 1 Garut, momen peringatan Hari Santri Nasional menjadi penyemangat dalam  membangun SDM Indonesia, khususnya menyiapkan siswa siswi SMK Negeri 1 Garut untuk menjemput masa depan yang penuh dengan tantangan," katanya.

Ia menambahkan, peserta didik harus dibekali dengan hard skill dan soft kill agar kompeten di bidangnya, serta mampu berkomunikasi, beradaptasi dan berekspresi di lingkungan kerja baik di industri maupun instansi, dan masyarakat. 

"Para siswa harus mampu berkomunikasi, beradaptasi dan berekspresi di lingkungan kerja, baik di industri maupun di instansi, dan masyarakat, sehingga mereka dapat berimprovisasi, berinovasi dan berprestasi, yang tentunya harus dibekali keterampilan yang sesuai dengan keahliannya masing-masing," tambahnya. 

Semoga dengan memperingati Hari Santri Nasional bisa menjadi momentum untuk membangkitkan kembali jiwa patriotisme santri, agar kembali semangat belajar, menuntut ilmu, taat agama, orang tua, serta nusa dan bangsa Indonesia. (Ningrum)***