SMK Negeri 1 Garut Lepas Siswa Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan Secara Online

research

SMK Negeri 1 Garut lepas siswa kelas XII untuk melaksanakan praktek kerja lapangan secara online dengan pihak Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), Senin (2/11/2020).

Di dunia kerja inilah siswa SMK menerapkan, memantapkan, dan meningkatkan kompetensinya dan bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif sesuai dengan jurusan nya masing - masing.

Dari sepuluh kompetensi keahlian hanya delapan yang mengikuti PKL, yaitu AKL, OTKP, BDP, MTM, TKJ, FKK, TLM dan TET, sedangkan untuk kompetensi keahlian Manajemen Logistik (MLG) dan Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi (SIJ) baru bisa dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

Kepala SMK Negeri 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP,. M.Pd. mengatakan, pelaksanaan PKL tahun ini akan berbeda, mengingat kondisi negara masih pandemi Covid-19, sehingga kegiatan melakukan sistem online dan ofline.

"PKL itu merupakan pintu gerbang untuk kalian sendiri, kalian harus bisa mengakses dunia kerja yang sesungguhnya, oleh karena itu lakukan dengan sungguh - sungguh sesuai dengan arahan dari Bapak dan Ibu Pembimbing," katanya.

Ia menambahkan, Meski PKL dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, namun para siswa SMK diharapkan mampu melaksanakan dengan tugas yang diberikan oleh pihak IDUKA, baik secara online maupun ofline.

"Selamat melaksanakan PKL, lakukan tugas dengan baik, semoga kita semua senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT, jaga protokol kesehatan untuk beberapa siswa yang melaksakan PKL secara ofline," tambahnya.

Selain itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Asep Paridadin, S.Pd. mengatakan, Sebagian besar PKL dilaksanakan secara online, sedangkan yang offline dalam pelaksanaannya diwajibkan ada surat persetujuan orang tua serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"PKL tidak boleh dilaksanakan secara langsung, kalaupun langsung, ada peraturan yang ketat, dimana yang harus diutamakan adalah menggunakan protokol kesehatan, harus izin dari orang tua dan ada IDUKA yang menerima PKL," kata Asep.  (Ningrum)***