SMK Negeri 1 Garut Gelar Workshop Pengembangan STARTUP

research

Dalam meningkatkan mutu SMK yang menjadi andalan pemerintah dalam menyiapkan tenaga terampil, SMK Negeri 1 Garut menggelar Workshop Kreatif, Penyelarasan Kurikulum dan pengembangan STARTUP Bisnis di Aula Motekar SMK Negeri 1 Garut, Senin (24/11/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menciptakan jiwa wirausaha di sekolah, sehingga ada penyelarasan kurikulum SMK dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Workshop yang bertemakan “Mewujudkan Iklim Sekolah Pencetak Wirausaha untuk Membentuk Peserta didik yang Siap Berkarya, Berprestasi dan Berjiwa Entrepreneur” agar menghasilkan lulusan SMKN 1 Garut tidak jadi pengangguran tapi bisa berbisnis, baik secara mandiri maupun kolaborasi.

Kepala SMK Negeri 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, istilah startup erat kaitannya dengan dunia digital dan dunia usaha, semoga peserta didik bisa memanfaatkan digital dan berwirausaha sesuai dengan skilnya masing-masing.

“Peserta didik bisa berbisnis, diusahakan anak bisa mandiri, dengan adanya penyelarasan kurikulum dengan IDUKA, diharapkan sekolah bisa mencetak wirausaha, supaya tidak menjadi pengangguran,” katanya.

Ia menambahkan, Produk atau jasa yang dihasilkan, selain mengembangkan karakter jurusan masing-masing, bisa meningkatkan jiwa entrepreneur dan juga bisa menghasilkan, karena kesuksesan sebuah bisnis tidak terlepas dari sikap kedisiplinan yang harus dijunjung tinggi oleh pelaku bisnis itu sendiri.

“Semoga SMK Negeri 1 Garut bisa mencetak peserta didik yang Siap Berkarya, Berprestasi dan Berjiwa Entrepreneur, Ketika peserta didik menjadi lulusan diharapkan bisa Bekerja secara professional, melanjutkan ke perguruan tinggi maupun berwirausaha,” tambahnya.