Siswa SMKN 1 Garut Juara LKS Jawa Barat dan Maju Pada Ajang LKS Tingkat Nasional

research

Siswa SMKN 1 Garut Juara LKS Jawa Barat dan Maju Pada Ajang LKS Tingkat Nasional

Siswa SMK Negeri 1 Garut sukses mengukir prestasi membanggakan pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 dan akan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional pada Agustus 2021

Dia adalah M. Arya Anggara Gustiana siswa kelas XII Jurusan Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJ) 2 yang berhasil meraih juara 1 mata lomba IT Software LKS Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan secara virtual dan diikuti oleh 23 peserta perwakilan kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selain Arya, siswa lainnya yang mendapatkan juara LKS tingkat provinsi adalah Krisna Santosa kelas XIII SIJ-1 sebagai Juara 2 mata lomba Web Desain yang juga diselenggarakan secara virtual pada 2 sampai 3 Agustus 2021.

Kepala SMK Negeri 1 Garut H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd. menyampaikan, prestasi yang membanggakan ini tidak lepas dari peran serta seluruh pihak, terutama guru pembimbing Asep Ulumudin, S. Kom, dan Andriyansyah, S.Kom.

Berkat kerja keras dan ketulusannya dalam membimbing siswa itu akhirnya bisa meraih prestasi yang membanggakan seperti sekarang ini.

"Prestasi yang membanggakan ini adalah hasil kerja keras bersama. Ini sekaligus membuktikan bahwa SMK Negeri 1 Garut mampu bersaing di tingkat provinsi,’’ katanya penuh bangga.

Ia juga menambahkan, ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa yang ditorehkan Arya dan Krisna sehingga mereka bisa memiliki tiket gratis untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi.

“Saya merasa bangga dengan prestasi yang diraih Arya dan Krisna, tentunya prestasi tersebut mengukuhkan SMK Negeri 1 Garut sebagai sekolah pencetak juara,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Kompetensi Keahlian SMKN 1 Garut Asep Ulumudin, S. Kom yang sekaligus menjadi pembimbing, mengatakan jurusan SIJ merupakan jurusan baru di SMK Negeri 1 Garut, ini patut menjadi kebanggan dan motivasi bagi sekolah, khususnya untuk jurusan SIJ.

"Tentunya ini adalah hal yang membanggakan bagi jurusan kami di SMK Negeri 1 Garut walaupun terbilang masih baru yaitu usianya baru 3 tahun namun mampu meraih prestasi yang luar biasa, di mana LKS ini merupakan dambaan semua sekolah kejuruan agar bisa juara," terang Asep.

Ditambahkan Andriyansyah yang merupakan pembimbing dalam lomba tersebut mengatakan bahwa dirinya merasa puas dengan kinerja dan karya yang dibuat oleh saudara Arya dan Krisna.

"Krisna ini adalah siswa yang cerdas mampu membuat dan mengembangkan desain web yang merupakan tugasnya dalam LKS, kemampuan praktik Krisna lebih unggul dibandingkan peserta dari Cimahi yang merupakan juara 1, namun dari segi teori Krisna sedikit lebih ketinggalan, sehingga secara keseluruhan total nilai Krisna berbeda tipis dengan peserta yang dari Cimahi," katanya. (Ningrum/Broadcast SMKN 1 Garut).