Mendidik Karakter Siswa Melalui Program SmarTren Di Sekolah

research

Mendidik Karakter Siswa Melalui Program SmarTren Di Sekolah

Dalam mendidik karakter siswa pada Ramadhan 1443 H SMKN 1 Garut melaksanakan SmartTren 2022 secara daring maupun luring dengan tema KURMA “Kuatkan Ukhuwah Ramadhan dengan Memaksimalkan Amaliyah” di Aula Sasana Wibawa Mukti dan Masjid SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk 309 A, Kamis (22/4/2022). 

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 - 22 April 2022 dengan pemateri dari luar yaitu, Dr. KH. Aceng Hilman Basor, S.P., M. Pd,. Dakwah Wayang (Dawai) serta para Guru PAI SMKN 1 Garut. 

Dalam rangka membatasi kerumunan siswa dan untuk mematuhi protokol kesehatan, dari segi pelaksanaan kegiatan SmarTren tahun ini memakan waktu yang berbeda dengan tahun sebelumnya, jika sebelumnya hanya dilaksanakan selama 1 minggu, tahun ini pelaksanaan dilakukan selama 3 minggu, dikarenakan kegiatan ini diperuntukkan bagi kelas X dan Xl dengan pembagian menjadi 2 kelompok. 

Di akhir kegiatan SmarTren ini ditutup dengan berbagai macam lomba, seperti Lomba Pidato, Murotal Al-Quran, Kaligrafi, Cerita Islami, Lagu Islami, Desain Busana Muslim, dan Lomba Parcel. 

Di hari terakhir kegitan SmarTren, diumumkan juara semua lomba dan pembagian hadiah KURMA Ramadhan Competition pada 7 mata lomba, 3 besar LOMBA MQ juara pertama diraih oleh Neng Dilla Aliska dari kelas X PPL 2, juara ke dua Wafiq Nurazizah XI SIJ 1 dan juara ke tiga Muhammad Dewangga di Adidaryansyah XI BDP 2. 

Sedangkan 3 besar lomba KALIGRAFI diraih oleh Riska Noviantri X DKV 3 sebagai juara pertama, Juara kedua Elsa Raisha Permana XI SIJ 1 dan juara ketiga oleh Hasna Haifa dari kelas XI FKK 1. 

Pada lomba lomba PIDATO, juara pertama Angel Revalina Nursifa XI BDP 2, juara kedua Nimas Ayuni Firna XI TKJ 1 dan Niken Salsabila kelas XI FKK 2 mendapatkan juara ketiga. 

Untuk 3 besar lomba CERIS (Cerita Islami) diraih oleh Siti Sarah Amelia X MPL 2 mendapatkan juara pertama, Juara kedua Hilmi Siti Nurhasanah XI TLM 1, dan juara ketiga Putri Aulia Izzati XI FKK 1. 

Lomba PARCEL yang diselenggarakan secara langsung di aula sasana wibawa Mukti dan diikuti oleh semua kelas pada 3 angkatan, kelas XI MLG 1 meraih juara pertama, kelas X DKV 3 juara kedua, dan Kelas X AKL 2 juara ketiga. Sedangkan untuk 3 besar lomba LAGU ISLAMI diraih oleh Mauradhatul Sofyan, Nella Melinda dan Ardiansyah Setiaharsa. 

Dan mata lomba ke tujuh yaitu lomba DESAIN diraih oleh D'seli Nova Nuraeni XI MLG 2 juara pertama, juara kedua Nafisa Alkafia dari kelas  XI TKJ 1 dan Chantika Anindya Nuralifi XI TLM 2 mendapatkan juara ketiga. 

Selamat kepada para juara, semoga menjadi motivasi bagi siswa lainnya, menambah semangat dan pahala dalam setiap kegiatan SmarTren tahun ini, semoga kita semua dipertemukan kembali dengan kegiatan SmarTren tahun depan. ***Ngrum/Broadcast