Jelang Ramadhan SMKN 1 Garut Gelar Kuramasan

research

Jelang Ramadhan SMKN 1 Garut Gelar Kuramasan

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H SMKN 1 Garut menggelar acara kuramasan yang berjalan secara hikmat di Sasana Wibawa Mukti, Jalan Cimanuk, Kabupaten Garut, Jum’at (1/4/2022). 

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Provinisi Jawa Barat H. Ahab Sihabudin, S.H.I., Ketua Komite SMKN 1 Garut H. Mahyar dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan SMKN 1 Garut.

Kepala SMKN 1 Garut H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.PD memohon maaf yang sebesar-besarnya, dan semoga ibadah puasa tahun ini dilancarkan, dipenuhi keberkahan, dan dapat menambah keimanan, serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Ia berpesan kepada seluruh siswa maupun guru dan karyawan SMKN 1 Garut untuk mempersiapkan Ramadhan tahun ini dengan sebaik baiknya, dengan menjaga lisan, mata, dan hati.

"Atas nama pribadi dan keluarga saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, dan di Ramadhan kali ini siapkan dengan baik, rencanakan itu dengan baik, selama Ramadhan upayakan ingatkan untuk menjaga lisan, karena bahasa yang baik dapat menyelamatkan, mata juga dijaga, hati dijaga, supaya kita lulus melaksanakan ibadah Ramadhan, serta jaga keluarga supaya kita sukses dalam menjalankan ibadah shaum tahun ini," katanya. 

Selain itu, dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Ahab Sihabudin, S.H.I yang telah membantu proses penggantian gedung patriot sehingga mendapatkan SK di SD Cakra Buana 9 Jalan Pasundan, Kabupten Garut yang nantinya akan menjadi Laboratorium Jurusan BDP, Farmasi, TLM dan MLG.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beliau yang sudah membantu kami, dalam proses penggantian Gedung Patriot sampai mendapat SK untuk pengubahan lahan di SD Cakra Buana 9 Jalan Pasundan Garut, Insya Allah nantinya lahan tersebut akan dijadikan Laboratorium Jurusan BDP, Farmasi, TLM dan MLG," tambahnya. 

Hal senada disampaikan perwakilan Komite Sekolah, H. Mahyar, bahwa status dari hak pinjam pakai, menjadi hak guna pakai yang nantinya akan berpengaruh terhadap bantuan dari pemerintah pusat. 

"Allhamdulillah, penggantian gedung patriot kini sudah d SK kan di SD Cakra Buana 9, yang tentunya menjadi hak guna pakai untuk kemajuan SMKN 1 Garut," kata Mahyar. 

Tak lupa dia menyampaikan pesan sebelum melaksanakan ibadah Ramadhan tahun ini untuk tidak meninggalkan kalimah tahlil laillaha illallah dan dzikir setiap pagi, siang, dan malam. 

"Ucapakan kalimah yang baik ketika shaum, perbanyak dzikir, istighfar, dan tahlil laillaha illallah, insya Allah berkah dan isi Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang positif, memperbanyak ibadah, dan tetap menjaga kesehatan," pesannya kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di Aula Sasana SMKN 1 Garut. 

Dalam penutup acara turut hadir, KH. Aceng Umar Basor, S.P, M.Pd., yang memberikan tausiyah mengenai perbedaan puasa wajib dan puasa sunnah, serta hikmah dan fungsi puasa dalam kehidupan. 

"Selain syarat wajib, sah, rukun, dan hal yang membatalkan puasa, serta orang yang tidak boleh puasa, hal lain yaitu perbuatan yang dapat menghilangkan pahala seperti memfitnah, mencela, menggunjing dan marah, mencuri, menipu, berdusta, melihat perbuatan-perbuatan maksiat, memandang lawan jenis dengan syahwat, dan bercerita atau mendengarkan cerita bohong," pesan beliau dalam tausiyahnya. ***Ningrum/Broadcast