Atalia Apresiasi Program SMKN 1 Garut dalam Membangun Desa

research

Atalia Apresiasi Program SMKN 1 Garut Dalam Membangun Desa

Dalam kunjungan yang kedua kalinya ke SMK Negeri 1 Garut, Atalia Kamil istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi program SMK Negeri 1 Garut dalam Membangun Desa di Aula Sasana Wibawa Mukti, Jum'at (19/2/2021). 

Dalam kunjungannya kali ini, Atalia dengan program Jabar Bergerak membangun kolaborasi bersama SMK Negeri 1 Garut untuk bersama-sama membangun desa.

Kepala SMK Negeri 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, program SMK membangun desa sudah melakukan MoU dengan Camat Tarogong Kidul, pihak sekolah telah mengembangkan banyak inovasi yang siap untuk menunjang kebutuhan pembangunan desa, seperti kegiatan membuat sabun cuci piring, mengembangkan pasar daring, pengelolaan sampah menjadi biogas dan pengembangan pariwisata. 

"Kami telah melakukan MoU dengan Camat Tarogong Kidul mengenai program SMK membangun desa, kenapa disebut desa, karena seluruh siswa, guru dan semua karyawan di sekolah ini berasal dari desa, berasal dari kelurahan," katanya. 

Selain itu ia juga menyebutkan, kerja sama dengan pihak desa merupakan bagian dari Jabar Bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, kuliner dan pariwisata. 

"Jabar Bergerak mempunyai program di bidang pendidikan, kami juga sama,  kesehatan lingkungan, kami juga melakukan penyuluhan hidup sehat, kuliner pariwisata dan budaya, kami juga survei ke tempat pariwisata yang belum berkembang kemudian di share melalui web, sehingga tersebar ke seluruh dunia," tambahnya. 

Di akhir sambutannya, orang nomor 1 di SMK Negeri 1 Garut tersebut, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Atalia, semoga program membangun desa ini mendapat dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Barat. 

"Kedatangan Ibu Atalia menambah energi positif dengan mendapat dukungan dalam mengembangkan program membangun desa, dan semoga mendapat keberkahan di dalam setiap kegiatannya," harapnya.

Menanggapi sambutan dari Kepala SMK Negeri 1 Garut, Atalia sangat mengapresiasi program membangun desa, dan ini akan menjadi kolaborasi dengan Jabar Bergerak yang akan berfokus pada program membantu masyarakat dalam bantuan secara langsung. 

"Program dan inovasi yang dihasilkan SMK Negeri 1 Garut sangat melekat dengan kebutuhan masyarakat desa sehingga nantinya inovasi tersebut bisa diaplikasikan di desa-desa," katanya

Program ini bisa berkolaborasi dengan Jabar Bergerak dan akan berlangsung dalam jangka panjang, seperti halnya membuat sabun cuci piring, pemasangan internet di desa-desa dan mengelola sampah sehingga menghasilkan pemasukan ekonomi di kalangan masyarakat setempat. 

"Kolaborasi ini bisa berlangsung dalam jangka panjang, sekolah SMK Negeri 1 Garut selalu berinovasi di bidang akademisi, sehingga bisa memberikan manfaat yang luas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dikalangan masyarakat setempat," tambah Atalia. 

Diakhir sambutannya, Atalia berharap, kegiatan SMK dalam membangun desa semoga terus berkembang, diberikan kesehatan dan kelancaran untuk semua program-programnya.

"Semoga terus berkembang, diberikan kesehatan dan kelancaran untuk semua progra-programnya, dan bisa menginspirasi untuk seluruh SMK Negeri di Jawa Barat," kata Atalia. (Ngrm)***