Toserba Patriot
 

Bisnis Center SMKN 1 Garut (Toserba Patriot)

STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS CENTER Toserba "PATRIOT"

DI SMK NEGERI 1 GARUT

Bisnis Center merupakan tempat untuk melakukan kegiatan usaha dagang dengan melibatkan unsur pendidikan sesuai dengan kompetensi keahlian yang relevan dan dapat dilaksanakan pada satu kompetensi keahlian atau kombinasi beberapa kompetensi keahlian yang saling melengkapi.

Bisnis Center SMK Negeri 1 Garut yang diberi nama  Toserba "PATRIOT" memulai usahanya tepatnya pada tanggal 25 Nopember 1995. Adapun lokasinya cukup strategis yaitu berada di Bunderan Simpang Lima tepatnya di Jalan Pembangunan No. 1 Tarogong Kidul Garut dan berjarak 200 m dari lokasi sekolah. Dengan modal pendirian yang diperoleh dari saham para guru waktu itu sebesar Rp. 12.000.000 ,- (Dua Belas Juta Rupiah/ Rp. 2.300,-per $). Dengan keuletan dan kerja keras para pengelola alhamdulillah sampai sekarang omset penjualan setiap tahun sudah mencapai Rp. 3.291.329.886 (data diambil dari hasil audit eksternal th. 2008) dengan jumlah karyawan 12 (Dua Belas) orang yang semuanya alumni dari SMK Negeri 1 Garut.

kita bisa menutup mata persaingan di dunia Bisnis Toserba (Ritel) semakin berat hal ini di buktikan dengan munculnya minimarket-minimarket di daerah-daerah termasuk di sekitar Toserba PATRIOT Misalnya : Alfamart, Indomart, Yomart yang notabene dari segi permodalanny mereka itu lebih besar jika dibanding dengan Toserba PATRIOT. Dengan potensi sumber daya manusia (Guru dan Siswa) yang ada di SMK Negeri 1 Garut Toserba PATRIOT semakin siap dan matang dalam menghadapi tantangan tersebut.

Keberadaan Bisnis Center Toserba PATRIOT memiliki fungsi ganda (dual system) yaitu sebagai sarana unit produksi sekolah dan sebagai tempat (Laboratorium) bagi para peserta didik untuk melaksanakan praktek penjualan. Dengan demikian mengembangkan kualitas dan motivasi siswa untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari keterampilan yang dimiliki dalam mengembangkan kewirausahaan secara kuantitas lebih tinggi, disisi lain pemerintah memprogramkan peningkatan pembinaan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan berwirausaha, agar menghasilkan tamatan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. atas dasar tersebut maka SMK Negeri 1 Garut merespon peningkatan kemampuan berwirausaha yang mengarah kepada kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan bakat prestasi  serta pengembangan kepribadian peserta didik, selain itu kegiatan pengembangan wirausaha untuk mengembangkan kemampuan dan menambah sikap disiplin dan etos kerja dalam upaya meningkatkan prestasi pada peserta didik.

 
copyright © SMKN 1 Garut 2014