SMK Negeri 1 Garut Produksi Hand sanitizer Cegah Virus Corona
     
 
 
     
 
Oleh : Sumartini Kusuma Ningrum/HumasPubdok, pada Selasa, 17-03-2020 - 13:11:45 ( dilihat 285 kali )
 
 

Masker dan hand sanitizer banyak diburu masyarakat seiring mewabahnya virus corona sehingga penjualan masker mulut termasuk hand sanitizer kehabisan stok di pasaran, untuk memenuhi kebutuhan tersebut SMK Negeri 1 Garut membuat sendiri untuk kebutuhan internal bagi seluruh karyawan dan siswa. 

Kepala SMK Negeri 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M mengatakan, pihak sekolah menargetkan produksi sebanyak 100-200 botol setiap harinya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah untuk para siswa, guru dan staf di sekolah, dan tidak untuk dijual keluar sekolah.

"Pada prinsipnya pembuatan hand sanitizer minimal untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan siswa, sekolah kami sudah ada wastafel, dan sekarang diperbanyak, ide ini muncul karena mencari di toko-toko susah, kami punya inisiatif membuat karena ada jurusan farmasi, 100 sampai 200 botol akan diproduksi setiap harinya untuk kebutuhan semua karyawan dan siswa," katanya.

Selain untuk karyawan dan siswa, karena berhubungan dengan kemanusiaan, hand sanitizer juga bisa dibagikan apabila ada rekan atau masyarkat sekitar sekolah yang membutuhkannya.

"Untuk rekan atau masyarkat sekitar sekolah yang membutuhkan, kami juga akan menyiapkan, akan diberikan karena berhubungan dengan kemanusiaan, tetapi tidak diperjualbelikan, kalau diperjualbelikan harus ada undang-undangnya, harus ada legalitas," kata Dadang.

Ia menambahkan pembuatan hand sanitizer ini juga dalam rangka memanfaatkan waktu para guru selama dua pekan agar tetap produktif, SMK Negeri 1 Garut memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidang farmasi, ada kurang lebih 10 guru yang sudah memiliki kompetensi apoteker dan dibantu tenaga farmasi.

"Karena pemerintah meliburkan selama dua pekan, semua guru juga selain harus terus membimbing anak-anak belajar di rumah dengan media online, para guru juga melaksanakan kegiatan produktif di sekolah di antaranya pembuatan hand sanitizer yang saat ini menjadi barang yang sangat diperlukan sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus corona. Kita tidak lagi disulitkan mendapatkan hand sanitizer. Karena kandungannya sudah teruji, dan sama saja menggunakan bahan-bahan atau komposisi yang biasa digunakan untuk hand sanitizer di pasaran," tambah Dadang.

Pembuatan hand sanitazer ini sudah dibuat sebelum corona muncul, karena bagian dari praktek mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang langsung digelar bazar sekolah, dan sekarang diperbanyak karena kebutuhan meningkat seiring meluasnya informasi virus corona.

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014