SMK Negeri 1 Garut Peringati Hari Pahlawan dengan Teatrikal Bertemakan Pahlawan Masa Kini
     
 
 
     
 
Oleh : Sumartini Kusuma Ningrum, pada Senin, 11-11-2019 - 12:36:29 ( dilihat 970 kali )
 
 

SMK Negeri 1 Garut Peringati Hari Pahlawan dengan Teatrikal Bertemakan Pahlawan Masa Kini

Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan, SMK Negeri 1 Garut memperingati Hari Pahlawan dengan melakukan teatrikal drama yang mengusung tema "Pahlawan Masa Kini" sebagai peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November di Lapangan Garuda Hitam, SMKN 1 Kabupaten Garut, Senin (11/11/2019).

Kepala SMK Negeri 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM mengatakan, kegiatan Ini adalah pelajaran tentang patriotisme kepada anak anak untuk tidak melupakan nilai nilai sejarah pejuang terdahulu, para pejuang berjuang yang memerdekakan bangsa sampai nyawa lepas dari badan demi merebut kemerdekaan. 

"Ini adalah pelajaran tentang patriotisme kepada anak-anak, untuk tidak melupakan nilai-nilai sejarah pejuang terdahulu, para pejuang berjuang memerdekakan bangsa sehingga darah nyawa lepas dari badan itu nyata dalam memperjuangkan kemerdekaan," katanya. 

Ia menambahkan, nilai patriotisme ke tata negaraan dijaga supaya tidak lupa akan nilai historis, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang kuat, supaya melekat di seluruh siswa, maka kita serempak mengumpulkan guru sejarah dan berdiskusi melakukan teatrikal ini mengikuti alur cerita yang mendekati kejadian sesungguhnya.

"Jangan lupa pada generasi muda generasi bangsa kita akan nilai patriotisme ke tata negaraan dijaga supaya tidak lupa akan nilai historis, supaya melekat di seluruh siswa, maka  kita serempak mengumpulkan guru sejarah dan berdiskusi melakukan teatrikal dengan membuat film dokumenter mengikuti alur cerita yang mendekati kejadian sesungguhnya," tambah Dadang.

Selain itu, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah, S.Ik, M.Ik yang menjadi pembina upacara di kegitan seremonial peringatan Hari Pahlawan, dalam sambutannya mengatakan, perlu adanya peringatan untuk mengenang kembali jasa pahlawan dengan berbagai agenda kegiatan, sperti melakukan upacara bendera di berbagai elemen masyarakat, instansi maupun lembaga. 

"Hari Pahlawan bukan acara seremonial semata, namun yang penting syarat makna yang terkandung di dalamnya, bukan hanya sebagai profesi namun substansi menjadi semangat baru di kehidupan sehari hari, Perlu adanya peringatan untuk mengenang kembali jasa pahlawan dengan berbagai agenda kegiatan, seperti melakukan upacara bendera di berbagai elemen masyarakat, instansi maupun lembaga," katanya. 

Jajaran polres garut mengapresiasi kegiatan SMK Negeri  1 Garut yang melakukan kegiatan teatrikal drama ini, seperti yang tergambar dalam isi cerita tentang makna pahlawan, setiap zaman pasti ada pahlawannya, dan setiap pahlawan pasti berkiprah dieranya, terkait hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru, begitu pula Kabupaten Garut, saat ini memerlukan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, kiprah siswa siswi inilah yang sangat dibutuhkan sebagai sosok generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin dan berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. 

"Kabupaten Garut, saat ini memerlukan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, kiprah siswa siswi inilah yang sangat dibutuhkan sebagai sosok generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin dan berkatakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya," tuturnya

Ia menambahkan, sebagai Kapolres Garut yang kapasitas sebagai pembina, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kiranya perlu menyampaikan pembinaan dan penyuluhan dalam kegiatan menumbuhkan jiwa pahlawan masa kini bagi para pelajar, karena pelajar adalah penerus estafet perjuangan bangsa dan negara, menjadi tumpuan majunya bangsa ini di masa yang akan datang. 

"Saya mengajak seluruh pelajar siswa siswi SMK Negeri 1 Garut maupun yang ada di seluruh Indonesia, untuk menjadi pahlawan masa kini, berlombalah dengan prestasi yang membanggakan dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan tempat tinggal,  karena kalian adalah penerus estafet perjuangan bangsa dan negara, menjadi tumpuan majunya bangsa ini di masa yang akan datang. 

"Saya mengajak seluruh pelajar siswa siswi SMK Negeri 1 Garut maupun yang ada di seluruh Indonesia, untuk menjadi pahlawan masa kini, berlombalah dengan prestasi yang membanggakan di mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan tempat tinggal,  karena kalian adalah penerus estafet perjuangan bangsa dan negara, menjadi tumpuan majunya bangsa ini di masa yang akan datang," Tambah Dede. 

Di akhir sambutannya, Dede mengucapkan selamat hari pahlawan tahun 2019, akui semangat pahlawan di dada, wujudkan bahwa kita sebagai penerus bisa membawa nama harum bangsa dan negara. 

"Selamat hari pahlawan tahun 2019, akui semangat pahlawan di dada, wujudkan bahwa kita sebagai penerus bisa membawa nama harum bangsa dan negara, jaga selalu kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," tambahnya.

 

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014