SMK Negeri 1 Garut-Kimia Farma MoU Peningkatan Mutu Pendidikan
     
 
 
     
 
Oleh : Sumartini Kusuma Ningrum, pada Selasa, 05-11-2019 - 19:28:42 ( dilihat 716 kali )
 
 

SMK Negeri 1 Garut-Kimia Farma MoU Peningkatan Mutu Pendidikan

Salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan dunia usaha atau industri yang disepakati bersama dalam MoU atau nota kesepahaman antara SMK Negeri 1 Garut dengan perusahaan ternama Kimia Farma (Persero) di Aula Motekar, Kabupaten Garut, Selasa (5/11/2019).

Dalam MoU tersebut digelar bersamaan dengan workshop bertemakan "Penyelarasan Kurikulum, Strategi Pembelajaran, Penyelarasan Sarana dan Prasarana, dan Penyelarasan Kompetensi Guru".

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 1 Garut Drs. H. Atep Sudjana, mengatakan, kerjasama ini tentu seperti "up grading" peralatan praktikum untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah.

Selain itu melakukan sinkronisasi konten kurikulum, kolaborasi dengan industri dalam bentuk magang guru, siswa, dan guru tamu, sekaligus mengenalkan budaya atau karakter industri dalam proses pembelajaran di sekolah, pemutakhiran infrastruktur TIK di sekolah dalam rangka mendukung KBM, dan pendirian LSP P1 untuk sertifikat kompetensi.

"Tentu ini bisa menjadi kolaborasi yang baik dengan industri dalam bentuk magang guru, magang siswa, guru tamu dan PKL, mengenalkan budaya atau karakter industri dalam proses pembelajaran di sekolah, pemutakhiran infrastruktur TIK di sekolah dalam rangka mendukung KBM, dan pendirian LSP P1 untuk Sertifikat kompetensi, khususnya untuk jurusan farmasi," katanya.

Ia menambahkan, kurikulum SMK harus diselaraskan dengan kurikulum yang ada di dunia usaha dan dunia industri, selaras dengan sarana dan prasarana, sehingga siswa dalam praktik kerja industrinya akan sesuai dengan standar yang ada di sekolah atau perusahaan.

"Kurikulum SMK harus diselaraskan dengan kurikulum yang ada di dunia usaha dan dunia industri, selaras dengan sarana dan prasarana, sehingga siswa dalam praktik kerja industrinya akan sesuai dengan standar yang ada di sekolah atau perusahaan," tambah Atep.

Perwakilan dari perusahaan Kimia Farma, Drs. Rochman Rusmana, Apt., MM. mengatakan, penyelarasan kurikulum sekolah ini semoga bisa selaras dengan dunia usaha dan dunia industri sehingga bisa menjadi riset bagi siswa, dan menjadi pendidikan yang berkelanjutan.

"Dilihat dari tujuan kerja sama ini adalah bagian dari penyelarasan kurikulum sekolah semoga bisa selaras dengan dunia usaha atau dunia industri, sehingga bisa menjadi riset bagi siswa, dan bisa menjadi pendidikan yang berkelanjutan," katanya.

Dalam akhir sambutan sebelum penandatangan MoU Ia mengatakan banyak terima kasih kepada SMK Negeri 1 Garut atas silaturahmi yang terjalin dan bisa bekerjasama sesuai dengan kebutuhan SMK. "Semoga silaturahmi ini selalu terus terjalin dengan baik, bekerja sama sesuai dengan kebutuhan SMK," katanya.

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014