Siswa SMKN 1 Garut ikuti Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Untuk Jaga Keselamatan Berkendara
     
 
 
     
 
Oleh : Sumartini Kusuma Ningrum, pada Selasa, 10-09-2019 - 20:00:38 ( dilihat 253 kali )
 
 

Siswa SMKN 1 Garut ikuti Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Untuk Jaga Keselamatan Berkendara

Dalam meningkatkan kedisiplinan berkendara SMK Negeri 1 Garut bekerjasama dengan pihak kepolisan dan Dinas Perhubungan kabupaten Garut dalam penertiban kendaraan bermotor dengan melakukan sosialisasi di Aula Motekar, selasa (10/09/2019).

Sebelumnya pihak Kepolisian Republik Indonesia melakukan himbauan melalui sambutannya di Upacara Bendera senin kemarin mengenai operasi kegiatan penertiban kendaraan bermotor yang dilakukan setiap tahun ke tahun yang disebut dengab Operasi Patuh 2019.

Dalam sambutannya, Kasat Lantas Polres Garut, AKP Rizky Saputro, S.H, S.I.K mengatakan, Operasi Patuh 2019 ini dilakukan dalam upaya meningkatkan disiplin berkendara masyarakat Garut, khususnya anak sekolah yang mayoritas melakukan aktifitas kendaraan bermotor, mengingat meningkatnya angka kecelakan lalu lintas yang menjadi pembunuh terbesar no 5 di dunia. 

"Mengingat meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas yang menjadi pembunuh terbesar no 5 di dunia, pihak Kepolisian Republik Indonesia tingkat kabupaten Garut melalukan operasi patuh 2019 dalam upaya tertib dan disiplin berkendara, khususnya himbauan kepada anak sekolah yang mayoritas membawa kendaraan bermotor," katanya

Ia menambahkan, Lalu lintas adalah perpindahan orang dan barang melalui kendaraan yang merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendesak, salah satunya pengendara wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi), memakai Helm, tidak menggunakan handphone saat berkendara, dan tidak berboncengan bertiga. 

"Salah satu disiplin berkendara adalah wajib memiliki SIM, memakai helm, tidak menggunakan handphone saat berkendara dan tidak berboncengan bertiga," tambah Rizky. 

Selain itu Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah III, Moch. Danny Fulton, S.Hut, M.Eng, MSc dalam sosialisasinya tadi siang mengatakan, Usahakan untuk mengenal rambu lalu lintas sebelum berkendara, Maksud dari sosialisasi rambu-rambu lalu lintas adalah upaya pengenalan kepada masyarakat khususnya anak-anak agar sadar akan hukum sejak dini terutama pemahaman dan pengaplikasian rambu lalu lintas sehingga kelak dapat menaatinya ketika berkendara.

"Maksud dari sosialisasi rambu-rambu lalu lintas sebagai upaya pengenalan kepada masyarakat khususnya anak-anak agar sadar akan hukum sejak dini terutama pemahaman dan pengaplikasian rambu lalu lintas sehingga kelak dapat menaatinya ketika berkendara," Kata Danny.

Salah satu peserta Sosialisasi, Azmi Aulia Alfadilah, XI multimedia 2, mengaku senang dengan datangnya pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan karena dengan di adakannya program dari Kepolisian dan Dishub ini semua siswa khususnya saya menjadi tau apa itu rambu lalu lintas, cara berkendara dengan baik dan pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara.

"Saya merasa senang dengan kedatangan dari Kepolisian dan Dishub selama 2 hari ini, karena dengan di adakannya program dari Kepolisian dan Dishub ini saya menjadi lebih tau rambu lalu lintas dan pentingnya berkendara dengan baik," kata Azmi.

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014