Satu Siswa SMKN 1 Garut Ikut Peresmian Desa Layak Anak
     
 
 
     
 
Oleh : Frans Steven, pada Sabtu, 25-01-2014 - 16:58:57 ( dilihat 1243 kali )
 
 

Kecamatan Karangpawitan, Desa Situjaya, sebuah desa yang sedang berkeinginan merintis program Desa Layak Anak, yaitu sebuah program untuk mengarus utamakan kepentingan terbaik anak dalam segala bidang pembangunan, dan merintis keterlibatan partisipasi anak dalam setiap pengambilan keputusan program pembangunan masyarakat desa.

Semua komponen pemerintah kabupaten Garut yang diwakili oleh Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Sekretaris Daerah, Iman Ali Rahman, Begitupun kepengurusan dan Fasilitator : Masyarakat setempat desa Situjaya serta Ririungan Barudak Garut (RIBUT) Situjaya dan Ririungan Barudak Garut (RIBUT) Kabupaten, terlibat dalam Peresmian Pangulinan Barudak Garut dan Desa Layak Anak, Kota Garut, 25 Januari 2014

Pangulinan Barudak rumahcinta adalah sebuah taman bermain anak yang berpadu dengan alam semesta, di sini anak akan bermain sambil belajar tentang hidup yang bersahaja, dan bersahabat dengan alam semesta, Pangulinan Barudak rumahcinta, tidak terbatas hanya di pekarangan rumahcinta saja, tapi di belakang rumahcinta terbentang luas sawah, kebun, kolam, situ sungai, selokan, jembatan, gawir, bebatuan, lumpur, dan udara segar yang penuh cinta, menambah semangat kerja dalam harmoni.

Di Pelataran rumah cinta ini tersedia akses internet tanpa kabel atau hot spot wifi berkecepatan 3mbps, dan anak-anak bisa mengaksesnya secara gratis tanpa bayar sama sekali, untuk semua media sosial (FB, twitter mobile, BB Android, iPhone, BB 10, detik.com, kaskus, kompas, viva news, okezone, dan lain-lain).

"Lebih Utama anak-anak itu dibawa bermain diluar jam sekolah guna mencerdaskan anak, mencerdaskan lingkungan, dan menangkal daya autisme yang marak terjadi di zaman modern sekarang, seperti penggunaan teknologi yang berlebihan hingga lupa waktu", Tutur Nadia Umy selaku Ketua POKJA Program Desa Layak Anak.

Sayangnya Pangulinan Barudak rumahcinta belum memiliki fasilitas komputer atau laptop untuk memfasilitasi anak-anak yang tidak mempunyai laptop ataupun komputer, kami pun belum mempunyai fasilitas perpustakaan, kebun percontohan dan kandang dan hewan percontohan

"Untuk kedepannya, ingin ditingkatkan lagi sarana bermain dan fasilitas yang memadai seperti ; laptop, dan komputer guna mendukung anak untuk mengikuti perkembangan zaman serta menerapkan hak hidup,hak tumbuh kembang,hak perlindungan,dan hak partisipasi di dalamnya", Harapan Nadia Umy untuk Desa Layak Anak.

Tak dapat dipungkiri, Forum Anak Kabupaten Garut (RIBUT) merupakan Forum Anak Terbaik di Jawa Barat dan terlihat berprestasi, tak kurang dari 43 anak bisa menjadi duta anak Garut di berbagai bidang untuk tingkat Jawa Barat bahkan untuk tingkat Nasional, enam anak RIBUT menjadi Duta Peace Generation Jawa Barat, 39 anak RIBUT menjadi peserta Forum Pelajar Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya.

"Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk realisasi Desa layak anak karena hal ini merupakan upaya sekelompok masyarakat untuk memperhatikan hak-hak anak dan Insyaallah, Bupati Garut dan Saya beserta Jajaran lainnya yakin untuk mendukung Desa layak Anak hingga Kabupaten Layak Anak ", Tutur dr. H. Helmi Budiman.

"Hadirin Sekalian, dengan memohon rahmat Allah swt, Pencanangan Desa layak anak dan Pangulinan Barudak Garut, pelantikan pengurus POKJA layak anak serta pengurus RIBUT desa Situjaya secara resmi dilantik dan diresmikan", Tutur dr. H. Helmi Budiman selaku Wakil Bupati Garut meresmikan Desa Layak anak dan Pangulinan Barudak Garut.



 

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014