270 Pelajar Ramaikan FOR 5
     
 
 
     
 
Oleh : Frans Steven, pada Selasa, 21-01-2014 - 10:05:51 ( dilihat 1000 kali )
 
 

Pelajar SMA/SMK/MA yang telah menjadi bagian dari pemuda Indonesia merupakan para penggagas dan penerus bangsa. Dengan jumlah kurang lebih 8 juta, para pelajar itu mampu menjadi aset bangsa untuk mendukung pembangunan. 

Pelajar dengan pemikiran cemerlangnya dapat dikatakan sebagai mesin penggerak bangsa yang lebih produktif. Untuk itu, tidak salah jika pelajar benar-benar menjadi harta bagi Negara Ini. 

“Sebaik-baik pelajaran adalah perubahan”, sebuah quote dari seorang motivator itu menggerakan para pelajar untuk tidak hanya mampu “belajar” namun mampu membuat perubahan. Selalu ada banyak media bagi Kita untuk melakukan sebuah perubahan. Perubahan itu tidak harus selalu langsung besar dan global, karena perubahan besar itu pada dasarnya terjadi dari perubahan-perubahan kecil. Kunci utama dari perubahan itu mejadi besar adalah para pelakunya. 

Forum Pelajar Indonesia merupakan salah satu organisasi pelajar yang beranggotakan para siswa/siswi SMA/ SMK/MA Se-Indonesia yang juga dapat menjadi sarana bagi pelajar untuk menciptakan perubahan. Forum Pelajar Indonesia memiliki tujuan untuk memperkokoh persaudaraan antar pelajar Se-Indonesia dan juga menyalurkan aspirasi. 

Forum Pelajar Indonesia (FOR) merupakan perhelatan akbar para pelajar Indonesia yang telah diselenggarakan sejak 2009 dan sudah memasuki tahun kelima. "Ayo Kreatif Demi Indonesia" adalah tema yang diusung pada FOR ke-5. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF).

Antusiasme para pelajar untuk turut serta dalam kegiatan FOR mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jumlah peserta pendaftar mencapai 2.060 orang. Setelah melewati proses seleksFi yang ketat, tersaringlah 250 pelajar berprestasi tingkat SMA, SMK dan MA dari 29 provinsi untuk mengikuti FOR ke-5 di Jakarta. Proses seleksi peserta FOR berlangsung selama 1 bulan.

Proses ini tidak hanya dilihat dari prestasi akademis para pelajar, tetapi mereka harus memiliki ide dan gagasan dalam bentuk program yang berkaitan dengan cara mereka mengespresikan kecintaan terhadap Indonesia. Para peserta harus melalui seleksi yang sangat ketat. Mereka harus melalui seleksi administrasi dan pembuatan video yang berdurasi maksimal 30 detik dengan tema Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan terhadap Indonesia.

"Kami sangat senang karena sampai tahun ke-5 kegiatan FOR masih mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari para pelajar di seluruh Indonesia, dan masih mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Sampai saat ini kami sudah mempunyai 1.200 alumni, serta 250 peserta aktif di 27 provinsi," tutur Fajar Kurniawan selaku Direktur Indonesia Student & Youth Forum.

Kegiatan FOR ke-5 yang dilaksanakan pada 18 – 22 Desember 2013 bertujuan untuk memberikan ruang kreatif dan terbuka bagi setiap pelajar untuk menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

“Saya sangat bangga sekali bisa mengikuti Forum Pelajar Indonesia Ke-5 ini.Apalagi ditambah banyak teman-teman berprestasi Se-Indonesia yang sampai sekarang bisa tetap berkomunikasi. Belum lagi, Alhamdulilah Saya dinobatkan menjadi salah satu peserta terbaik dalam acara tersebut. Merupakan suatu kebanggaan untuk mengharumkan nama Garut dan Sekolah di Nusantara”,Tutur Frans Steven selaku delegasi Kota Garut, Jawa Barat.

Acara FOR ke-5 ini dilakukan dengan serangkaian kegiatan seperti: dialog kebangsaan, corporate visit ,meet the leader dan CEO, workshop. Adapun beberapa aksi nyata yang dilakukan oleh peserta yakni: Kampanye Merah Putih Gaya Gue (MPGG) dan pembagian bibit pohon saat Car Free Day.

Kegiatan ini turut menghadirkan para tokohnasional seperti: Jumhur Hidayat (Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2TKI)),Dr.Sudibyo Alimoeso, M.A. (Plt.Kepala BKKBN),Hanung Bramantyo (Sutradara),Sahar L.Hasan (W.Ketua Umum PBB),Iskandar Abu bakar (Ketua Global Road Safety Partnership (GRSP)), Luhut Panjaitan (Jendral TNI (Purn)), Syarif Hasan (MenteriKoperasidan UKM),dan Aburizal Bakrie (Pengusaha dan Politisi).

Pada puncak acara yang dipusatkan di Blok M Plaza, Minggu 22 Desember 2013 yang lalu, Aburizal Bakrie,Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, hadir untuk berbagi bersama para peserta di Dapur Sunda Resto. Beliau mengatakan,"Kegiatan seperti FOR patut untuk diapresiasikan. Saya sangat berharap, acara FOR ini dapat terus berjalan karena telah memberikan wadah bagi para pelajar di Indonesia untuk berkreativitas dan memberikan banyak pengalaman yang berharga.Saya juga berharap, agar kegiatan FOR dapat terus menginspirasi pelajar lainnya untuk terus berkreativitas demi bangsa dan negara Indonesia".

 

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014