Idul Adha 1434 H di SMKN 1 Garut
     
 
 
     
 
Oleh : Tim Jurnalis SMKN 1 Garut, pada Rabu, 16-10-2013 - 14:30:03 ( dilihat 1674 kali )
 
 

Rabu 16 Oktober 2013. Hari Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari raya ini dirayakan tidak hanya oleh ummat Muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukarromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh ummat Muslim di seluruh dunia. Idul Adha adalah hari untuk mengenang kembali peristiwa penyembelihan Ismail oleh ayahandanya Nabi Ibrahim, dimana oleh Allah SWT karena keikhlasan dan kehambaan mereka kepada-Nya maka Ismail diganti dengan seekor kambing gibas dan kisah mereka di abadikan dalam ibadah Qurban. Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan Qurban supaya kita menjadi muslim yang ikhlas.

Kita disyariatkan untuk melaksanakan ibadah Qurban sesuai firman Allah SWT dalam surat Al-Kautsar : 2 ”Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” dan surat Al-Hajj : 34 ”Dan bagi tiap-tiap ummat telah kami syariatkan penyembelian (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizqikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, maka dari itu berserah dirilah kamu kepada-Nya dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada (Allah),”

Berpijak pada hal tersebut diatas SMKN 1 Garut pada tahun ini melaksanakan kurban 8 ekor sapi, Adapun penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan di halaman sekolah di hadiri oleh seluruh guru dan siswa. Proses penyembelihan terlaksana dengan lancar, dan penyembelihan dilakukan langsung oleh Bapak Kepala SMKN 1 Garut Bapak Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM.

Seusai penyembelihan langsung dipotong dan dibagiakan kepada warga SMKN 1 Garut.

 

Semoga kurban yang dilaksanakan tahun ini oleh SMKN 1 Garut mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT. Amin

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014