IHT Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013
     
 
 
     
 
Oleh : Tim Jurnalis SMKN 1 Garut, pada Kamis, 22-08-2013 - 18:08:37 ( dilihat 2697 kali )
 
 

SMKN 1 Garut sebagai salah satu  SMK Sasaran Penerapan Kurikulum 2013 melaksanakan IHT Kurikulum 2013 hari selasa 20 Agustus 2013 bertempat di Gedung Motekar/ Gedung Serbaguna SMKN 1 Garut. Pelatihan diikuti oleh seluruh guru SMKN 1 Garut. Perwakilan Sekolah Mengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama Se- Kabupaten Garut, Nara sumber langsung berasal dari perumus Kurikulum 2013, yaitu Prof. Dr.H.E. Mulyasa,M.Pd Materi IHT berisi konsep inti Kurikulum 2013 diantaranya :

1.     Konsep Kurikulum 2013

2.     Analisis Materi Ajar

3.     Perencanaan Model Ajar

4.     Praktek Pembelajaran Terbimbing

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.

Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang benar-benar murni menggunakan Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3 Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP menggunakan KTSP namun dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3 Ranah..

 

Jadi yang menjadi fokus  sekolah sekarang ini adalah mengubah paradigma guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

 
  Isi Komentar  
 
 
copyright © SMKN 1 Garut 2014